Tadzribul Munadzamah 2019: UKM Al-Mujaddid Terapkan Konsep Kekeluargaan

Tadribul Munadzamah merupakan agenda rutin Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Al-Mujaddid. Agenda tersebut bertujuan untuk pengkaderan anggota baru UKM Al-Mujaddid sekaligus memperkenalkan UKM Al-Mujaddid kepada seluruh anggota baru, sehingga mereka dapat mengerti apa yang akan dilakukan dan cari di UKM Al-Mujaddid ini.

Tadribul Munadzamah 2019 kali ini mengangkat tema “Mempererat Ukhwah Islamiyah Dalam Genggaman Syiar Bahasa Arab” dengan jargon, kuasai bahasa, taklukan dunia. Sesuai dengan tema yang diangkat dalam Tadribul Munadzamah 2019, pengkaderan yang ditujukan kepada anggota baru menerapkan pendekatan kekeluargaan sehingga menanamkan nilai bahwa UKM Al-Mujaddid ini tidak hanya sekedar organisasi tetapi satu keluarga besar yang di pertemukan dalam sebuah mileu kehidupan UKM Al-Mujaddid.

Konsep kekeluargaan yang digagas sedemikian rupa secara tidak langsung mencegah adanya sistem otoriter senior terhadap junior.

Secara emosional, kedekatan anggota baru mulai terbentuk dengan seluruh keluarga besar UKM Al-Mujaddid, sehingga masalah-masalah yang datang menghampiri pada saat menjalankan organisasi ini tidak membuat anggota baru mundur atau meninggalkan UKM Al-Mujaddid.

Keadaan seperti ini berpotensi besar bagi anggota baru untuk bertahan di UKM Al-mujaddid hingga akhir tanpa tekanan dan beban mental.

Di sisi lain, penanaman nilai-nilai kekeluargaan ini dapat menumbuhkan rasa saling memiliki sehingga anggota dan pengurus berusaha bersama untuk mempersembahkan yang terbaik untuk UKM Al-Mujaddid.

Reporter : Jusmelly Hartati

Editor     : Naila Salma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *