Membangun Literasi Menulis Lewat UKM : Al-Mujaddid Lakukan Program Pembuatan Buku Antologi Sejarah dan Kisah Inspiratif

Al-Mujaddid UMY–  Program pembuatan buku ini dimulai tahun 2019 tepatnya bulan oktober dan langsung di bawah arahan ketua umum UKM bahasa arab Al Mujaddid Ridhwan. Program ini bertujuan untuk mencetak secara tulisan sejarah perjalanan UKM Bahasa Arab Al-Mujaddid serta kisah-kisah inspiratif dari pada demisioner serta kader-kader Al Mujaddid. Buku ini di cetak dalam 2 edisi. Edisi pertama berisi tentang perjalanan Al Mujaddid dan demisioner dari tahun 2003 hingga 2016. Edisi kedua berisi tentang perjalanan dari tahun 2017-2018. Proses pembuatan buku ini dilakukan dengan dua cara. Pertama, melakukan wawancara langsung kepada demisioner dan kedua, mengmpulkan hasil tulisan tangan sendiri dari kader-kader al mujaddid.

Selain itu program ini dibuat untuk melatih kader-kader untuk menulis dan mampu membagikan kisah-kisah inspiratif mereka untuk dibaca kepada khalayak umum. Hal tersebut diharapkan mampu membangun kebiasaan literasi menulis kader di UKM bahasa arab al-Mujaddid. Buku-buku ini akan diterbitan pada akhir agustus atau awal September. Harapan ketika buku ini telah terbit mampu memberikan kebermanfaatan bagi banyak orang dari kisah-kisah inspiratif dan perjalanan sejarah yang diberikan.

Program ini diharapkan dapat terus dilanjutkan pada kepengurusan kedepan dan yang akan datang. Sehingga UKM bahasa arab Al-Mujaddid selain memberikan pengajaran bahasa arab dan prestasi juara dalam bidang tersebut, Al Mujaddid mampu memberikan karya-karya hebat lewat buku yang diterbitkanya untuk menginspirasi banyak orang.

Penulis : Ridhwan Satria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *